Kamis, 18 November 2010

Tugas Kewirausahaan "PROPOSAL KLINIK ANAK SEHAT"

PROPOSAL USAHA
KLINIK ANAK SEHAT


A.     PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang
Saat ini bukan hanya pria yang bekarja dan berkarir tetapi wanita pun yang tugasnya sebagai ibu rumah tangga bekerja dan berkarir. Dengan demikian wanita yang tugasya seorang ibu rumah tangga tidak bisa memelihara buah hatinya dengan tangannya sendiri karena mereka lebih meluangkan waktunya untuk bekerja.
Di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Makasar, Semarang, Bandung, Denpasar dan masih banyak lainnya, jasa penitipan anak (day care) menjadi salah satu alternatif tempat untuk menjaga si kecil saat orang tua pergi bekerja.
Segmen pasar dari usaha ini terutama adalah rumah tangga yang suami istri bekerja sementara dirumahnya tidak ada pengasuh atau keluarga lain yang dimintai tolong untuk menjaga anak. Dengan pertumbuhan penduduk yang tergolong tinggi, yaitu sekitar 2,5 % per tahun ditambah dengan migrasi penduduk yang tinggi dari desa ke kota, akan semakin banyak anak-anak balita usia pra sekolah yang membutuhkan tempat penitipan yang aman dan terjamin pengawasannya.

2.      Dasar Pemikiran
Saat ini banyak wanita yang bekerja. Tentu saja mereka harus meninggalkan anak untuk pergi bekerja. Hal itu memang menjadi dilema bagi wanita karier. Para ibu sering merasa bersalah  manakala sang buah hati yang masih balita harus diasuh oleh orang lain. Bagi yang masih tinggal dengan orangtua mungkin lebih berkurang rasa was-wasnya.
Dilema ini jadi peluang usaha yang cukup menggiurkan. Di kota-kota besar, dimana para wanita umumnya juga bekerja jadilah jasa pengasuhan anak begitu dibutuhkan saat ini. Untuk memenuhi tuntutan inilah kami membuat usaha penitipan anak ini.


3.      Maksud dan Tujuan
Umum :  Menjaga dan Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Anak
Khusus :
1)        Merawat dan melindungi anak ibu pekerja sebagai pelayanan pengganti untuk meningkatkan kesejahteraan anak dalam perkembangan fisik, mental dan social menuju pembentukan kepribadian.
2)        Membantu ibu pekerja agar memperoleh ketenangan kerja dan mencapai prestasi kerja yang optimal.
3)        Memberikan pelayanan pada anak sedemikian rupa sehingga merasa berada dalam keluarganya sendiri.

4.      Manfaat Pelayanan
a.       Bagi Ibu
1)         Dapat memberikan rasa ketenangan dalam melaksanakan pekerjaanya
2)        Dapat menghemat pembelian mainan-mainan yang diperlukan bila si anak sendirian di rumah
3)        Kualitas pelayanan di Klinik Anak Sehat lebih baik dan terjamin daripada  menyewa baby sister
b.      Bagi Anak
1)        Anak dapat bersosialisasi dengan baik. Banyak teman dan lebih mandiri.
2)        Dapat meningkatkan kualitas tumbuh kembang anak.
3)        Anak-anak tetap bisa mendapatkan pengasuhan, selama orang tua bekerja.
4)        Dapat meningkatkan kualitas pendidikan anak

B.     PROGRAM PELAYANAN KLINIK ANAK SEHAT
1.      Tempat Pelayanan
Tempat pelayanan yang digunakan adalah bangunan milik sendiri yang terletak di Jl. Pembangunan No.88 Samarinda. Tempat pelayanan kami ini strategis dan mudah dijangkau karena berada di pusat kota.
2.      Jenis Pelayanan
a.       Penitipan Anak
ü      Paket Bayi (umur 1bulan s/d 12 bulan)
1x Makan minum susu (@Rp. 10.000,- x 24)  Rp. 240.000,-
Biaya pengasuhan 1bulan                                     Rp.600.000,-
Imunisasi complit                                                 Rp.200.000,-
Perlengkapan bayi                                               Rp.500.000,-  
Administrasi                                                         Rp. 60.000,-+
Total                                                                  Rp.1.600.000,-
ü      Paket I ( anak umur 1 tahun s/d 2 tahun)
1x makan plus snack (@Rp. 15.000 x 24 hari) Rp.360.000,-
Biaya Pengasuhan 1bulan                                    Rp.500.000,-
Pendidikan 1 bulan                                              Rp.500.000,-
Program Bermain                                                 Rp.500.000,-
Kesehatan anak                                                   Rp.100.000,-
Administrasi                                                         Rp.  60.000,-   +
Total                                                                Rp.2.020.000,-
ü      Paket ii (anak umur 2 tahun s/d 4 tahun)
1x makan plus snack(@Rp.20.000 x 24 hari) Rp.480.000,-
Biaya pengasuhan 1bulan                                  Rp.700.000,-
Pendidikan 1 bulan                                           Rp.600.000,-
Kesehatan anak                                                Rp.100.000,-
Program bermain                                              Rp.700.000,-
Administrasi                                                      Rp.   60.000,-    +
Total                                                               Rp.2.640.000,-
b.      Pemeriksaan Kesehatan Anak
1x check up (pemeriksaan)                                           Rp. 125.000,-
c.       Program Bermain
Di berikan pada anak usia 1th s/d 4tahun dengan biaya sbb :
ü      Paket I (1 th s/d 2 th)    selama 1 bulan              Rp. 500.000,-
ü      Paket II (3 th s/d 4 th) selama 1 bulan   Rp. 700.000,-

3.      Waktu Pelayanan
Pelayanan dilakukan setiap senin s/d sabtu dimulai dari pukul 07.30-16.00 WITA.

4.      Tenaga Kerja
Ø      10 tenaga pengasuh dan pendidik (SMA)
Tugas : Mengasuh serta mendidik anak sejak usia dini
Ø      1 orang Dr. Spesialis anak
Tugas : Chek up kondisi anak
Ø      1 orang Administrasi (S1 ekonomi)
Tugas : Mengurus masalah administrasi klinik
Ø      Keamanan/security (SMA)
Tugas : mengurus masalah keamanan klinik anak
Ø      CS (SMA)
Tugas : mengurus masalah kebersihan klinik
Ø      2 orang Juru masak (SMA)
Tugas : Memasak makanan anak asuh
Masing-masing dari tenga kami bersertifikat dan memiliki asuransi tenaga kerja.
5.      Perizinan
Usaha kami memiliki perizinan sebagai berikut :
a.         SITU ( Surat Izin Tempat Usaha) yang dikeluarkan oleh Pemkot Samarinda dengan No : 503/1375/750.A/BPPTSP-C/1V/2010
b.        Surat Keterangan pendirian Klinik anak sehat yang dikeluarkan oleh Depdikbud
c.         Surat Keterangan pendirian klinik anak sehat yang dikeluarkan oleh Dinkes.
d.        Memiliki Akta Notaris
e.         Memiki NPWP

C.     ANGGARAN KEBUTUHAN
Dana yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan pelayanan Klinik Anak Sehat adalah sebagai berikut :

1.      Modal  Awal
Perlengkapan klinik                                                            Rp  65.000.000,-
Peralatan + perlengkapan Administrasi                                Rp. 20.000.000
Biaya perizinan                                                                   Rp    5.000.000,-
Bangunan                                                                           Rp   60.000.000,-    +
Total                                                                                 Rp 140.000.000,-
2.      Rencana anggaran dan pendapatan tahun ke-1
a.       Biaya rutin bulanan
1)      Ketenagakerjaan
a.       Tenaga Kerja
10 tenaga pengasuh dan pendidik (@ Rp 1.500.000,-) Rp.15.000.000,-
1 orang Dr. Spesialis anak                                               Rp.20.000.000,-
1 Keamanan/security (SMA)                                           Rp.  1.000.000,-
CS (SMA) @ Rp 1.000.000,-                                        Rp.  1.000.000,-
2 orang Juru masak @ Rp 1.200.000,-                            Rp.  2.400.000,-
2x kunjungan Tim kesehatan  dlm 1 bulan                         Rp. 1.000.000,-+
Total                                                                             Rp 40.400.000,-

2)      Biaya lain-lain
Telepon                                                                              Rp    350.000,-
Administrasi                                                                        Rp    500.000,-
Listrik + air                                                                         Rp    700.000,-
Transportasi, dll                                                                  Rp    500.000,- +
Total                                                                                 Rp 2.050.000,-
b.      Biaya rutin tahun ke-1
ü      Kepengurusan 1 tahun                                                      Rp.  19.500.000,- 
Direktur                                        Rp.  5.000.000,-
Wakil Direktur                              Rp.  4.000.000,-
Penasehat                                     Rp.  3.500.000,-
Sekretaris                                     Rp.  2.000.000,-
Bendahara                                    Rp.  2.000.000,-
Anggota (3 orang, @1.000.000)   Rp.  3.000.000,-  +
Total                                            Rp.19.500.000,-
Biaya bulanan (Rp 42.400.000 x12)                                        Rp 508.800.000,-
Tunjangan hari raya (1 bulan gaji)                                            Rp   40.400.000,-  +
Total                                                                                      Rp.568.700.000,-
3.      Proyeksi pendapatan tahun ke-1
a.       Pendapatan tahun pertama
Layanan tahun pertama
ü         Biaya Penitipan 10 bayi (Rp. 16.000.000 x 12)              Rp.192.000.000,-
ü         Biaya Penitipan 10 anak 1-2th (Rp.20.200.000 x 12)  Rp.242.400.000,-
ü         Biaya penitipan 10 anak 3-4th (Rp.26.400.000 x 12)   Rp.316.800.000,-
Praktek Pemeriksaan kesehatan 1bulan
50anak, @Rp.150.000 (Rp 7.500.000 x 12)                        Rp. 90.000.000,-   +
Total Pendapatan                                                                Rp.841.200.000,-
b.      Modal Yang dibutuhkan
Modal Awal                                                                         Rp. 140.000.000,-
Pengeluaran rutin tahun  ke-1                                                Rp  568.700.000,- +
Total                                                                                   Rp. 708.700.000,-
                        Jumlah modal yang dibutuhkan:
·     Modal pemilik 60%
Rp. 708.700.000,- X 60%       = Rp. 425.220.000,-
·     Modal investor 40%
Rp. 708.700.000 X 40%          = Rp.283.480.000,-

c.       Perkiraan laba rugi tahun ke-1
Pendapatan tahun pertama                                                    Rp 841.000.000,-
Pengeluaran tahun ke-1                                                        Rp 708.700.000,- _
Laba sebelum pajak                                                             Rp 132.300.000,-
Pajak pendapatan (10%)                                                      Rp   13.230.000,-    _
Total laba netto                                                                  Rp  119.070.000,-
d.      Modal yang disimpan 20%
Total laba neto Rp. Rp  119.070.000,- X 20% = Rp.23.814.000,-
Rp  119.070.000 -  Rp.23.814.000 = Rp. 95.256.000,-
·        Modal pengelola 60%
Rp.95.256.000,- X 60% = Rp. 38.102.400,-
·        Modal investor 40%
Rp. 95.256.000,- X 40% = Rp. 36.902.400,-
e.       BEP (Break Event point)
=               Jumlah pinjaman
        jumlah modal yang disimpan

=             Rp.283.480.000,-
                Rp. 95.256.000,-

=          2,975               =         2 tahun 9 bulan
            Jadi modal dapat dikembalikan kepada investor selama 2 tahun 9 bulan

D.     MANAJEMEN KLINIK
Klink ini memiliki SITU ( Surat Izin Tempat Usaha) yang dikeluarkan oleh Pemkot Samarinda dengan No : 503/1375/750.A/BPPTSP-C/1V/2010 dan Surat Keterangan pendirian Klinik anak sehat yang dikeluarkan oleh Depdikbud
Adapun aspek manajemen dan struktur organisasi klinik sebagai berikut :
a.       Kepemilikan
Pendirian klinik didirikan oleh 2 (dua) orang yang mempunyai visi dan misi yang sama yaitu ingin membangun suatu bisnis pelayanan yang sehat, bependidikan dan berkualitas.
Dua  pendiri usaha:
a)   Dwi Irawan M.Kep menaruh saham sebesar 60%
b)   Investor asing 40%
Saudara Dwi Irawan menaruh saham terbanyak dari investor maka saudara Lanang ditunjuk sebagai pemimpin (leader) atau direktur untuk memegang usaha ini.
b.      Kepengurusan
Layanan Usaha Klinik ini memiliki susunan kepengurusan sebagai berikut:
Direktur                                                               : Dwi Irawan, M.Kep
Wakil Direktur                                                     : M. Fahmi A, S.Kep, Ns
Manajer                                                              : Arfiah, S.Kep
Penasehat                                                            : Flora Song Bong, M.Kes
Sekretaris                                                            : Rina Wahyuningsih, SE
Bendahara                                                           : Tansis Mawari Oksatica, SE
Administrasi                                                         : Ismina Musara, SE
Kepala bagian pengadaan & perlengkapan           : Permata Sari, SST
Anggota                                                              : Hairul, SST

Tugas Pokok Kepengurusan :
1.         Direktur
Mengawasi semua kegiatan pekerjaan yang berhubungan dengan perusahaan.
2.         Wakil Direktur
Menggantikan pekerjaan Direktur apabila Direktur berhalangan.
3.         Manajer
Mengawasi kegiatan perkantoran.
4.         Bendahara
Mengurusi kegiatan keuangan perusahaan.
5.         Sekretaris
Menyiapkan data-data yang diperlukan oleh Direktur.
6.         Administrasi
Mengurusi semua kegiatan surat-menyurat perusahaan.
7.         Kepala Bagian Pengadaan & Perlengkapan
Mengadakan dan melengkapi sarana dan prasarana yang di butuhkan oleh perusahaan.
8.         Staf Anggota
Membantu dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan.

c.       Struktur Organisasi
KLINIK ANAK SEHAT
Direktur
Dwi Irawan, M.kep
 


Penasehat
Flor Song Bong
Wakil Direktur
M.Fahmi.A, S.kep, Ns
 



Manajer
Arfiah, S.Kep
 



 

Bendahara
Tansis Mawari, SE
Administrasi
Ismina Musara, SE
Kepala Bagian Pengadaan & Perlengkapan
Permata Sari, SST
Sekretaris
Rina W, SE
 



 

Staf Anggota
Hairul, SST
 




E.      PENUTUP
Demikian proposal usaha klinik anak sehat ini kami buat sebagaimana mestinya, semoga proposal ini memberikan gambaran tentang usaha klinik anak sehat yang mempunyai banyak manfaat.
Besar harapan kami, perhatian serta partisipasi serta kesediaannya investor dalam membantu program kami tersebut.
Akhirnya, dengan kerjasama yang baik kami ucapkan terimakasih. Sebagai bahan pertimbangan lebih lanjut kami sertakan Nota Kesepakatan dan aspek terkait lainnya sebagaimana terlampir.


Samarinda, 8 November 2010  
Direktur                                                                           Sekretaris,

Dwi Irawan                                                                     Rina Wahyuningsih


5 komentar: